Langsung ke konten utama

PERTANYAAN JAHILIYAH

Oleh : Ahmad Irfankhan HS


Handphone berdering.! Kala santai sore sambil menikmati segelas jus (pisang, strowberi, appel dan milik), menanti appoitmen pasien di klinik, kulit di kota Riyadh.! Riuh dengan kebisingan suara mobil.

Jauh dari keluarga namun terasa dekat (selalau ingat My family di Indonesia). Tak sedikitpun lupa akan mereka yang jauh di sana.!

Lanjut ke Handphone berdering.! Salah seorang teman bertanya, dalam inbox pertanyaanya begini, “wah kamu di Saudi, sekarang sudah seperti orang Arab, pakai thob (baju khas Saudi), jenggot di pelihara, sedikit-sedikit Selfie dengan orang Arab, sebenarnya apa yang membuat kamu bangga dengan orang arab”.?!

Menurut teman serta sahabat apa yang harus saya jawab dalam pertanyaan di atas? Pertanyaan diatas tersebut ungkapan atau hinaan.?

Jika saya nilai secara pribadi pertanyaan di atas sedikit pada menghina dan menyepelekan, atas apa yang saya perbuat dan saya post di medsos.

Saya persiapkan jawaban tapi saya tidak tega menjawabnya secara langsung. Saya jawab melalau tulisan ini, jika ada yang bertanya demikian.?!

Saya bangga dilahirkan di tanah surga Indonesia Raya, kepingan surga yang Allah SWT ciptakan. Saya bangga menjadi bangsa yang besar, saya bangga menjadi bagian dari BHINEKA TUNGAL IKA dan saya bangga dengan negara Indonesia. Saya bangga dengan kultur budaya, bahasa, sosial, keaneka ragaman agama, serta ramahnya ibu pertiwi.

Saya sadar kecintaan pada negara ini, saya cerminkan melalau agama yang saya peluk.!

Saya bukanlah orang yang berkelana kesana kemari, atau keliling dunia. Insonesia dan Saudi Arabia saat ini yang saya singahi, disini saya merasa bangga bekerja dan tinggal di Saudi Arabia.

Saya bukan bangga dengan orangnya atau karakternya, yang saya banggakan dari Saudi Arabia adalah Agamanya, dimana agamanya yang santun “RAHMATAN LIL ALAMIN” berasal dari Saudi dimulai dan berakhir Nanatinya di sini.

Inilah yang membuat saya bangga, bangga terhadap negara saya sendiri Indonesia dan bangga dengan negara Saudi Arabia.

Jikalau kita muslim tidak bangga dengan Arab Saudi lalu kita bangga dengan Hongkong, China atau Amerika.

Dari tanah Arab di mulai sejarah peradaban manusia pertama, dari tanah Arab bahasa pertama dan terakhir, dari Arab di mulai kisah orang orang jahilia, dari Arab muncul kerjaaan termegah, dari Arab muncul sosok yang paling santun dan sudah di jamin surganya.

Dari tanah Arab banyak kisah kisah yang diangkat di dalam Al Quran dan kitab kitab terdahulu. Dari tanah Arab kisah orang orang tak bermoral sampai paling tinggi drajdnya.

Dari manapun manusia di lahirkan jikalau mereka memeluk Islam, pastilah mempunyai impian yaitu Makkah dan Madinah.

Masihkah saya dan kita semua membenci tanah Arab.! Yang sudah mendidik dan memberi kontribusi atas adap serta landasan hidup yaitu Agama (Aqidah Ahlak dan Fikih) yang ke seluruhnya mencakup dalam kehidupan kita.

Biarlah di luaran sana mereka yang sudah membenci dan melukai hati kita, tidak semua orang Arab, seperti yang kita tahu, masih banyak di luar sana orang yang baik. Jangan hanya 1 jahan semua terkena imbas (sampel random).

Jika pun dari kita ada yang tidak suka dengan Arab Silahkan, itu hak masing masing. Mereka manusia biasa layaknya kita.

Dan jangan terulang pertanyaan “KAMU SEKARANG BANGGA BERTEMAN DAN BERDELFIE DENGAN ORANG ARAB” setidaknya seperti pepatah “dimana bumi di pijak disitu langit di junjung”. Suka atau tidak suka itulah mereka dan inilah kita.

Lihat sahabat kita, jika berkunjung atau bertemu dengan orang yang berasal dari luar negeri ada yang minta foto bareng dan Selfie, dari pada upload foto makanan atau Update status OTW, sisa kemarin or late post.

Cerminan diri terlihat dari tingkah laku, keseharian dan ucapan kita, mari belajar memperbaiki diri, berusaha berhijrah ke tahap yang lebih baik.

Wasalam

Riyadh, 06 Januari 2019



Komentar

Postingan populer dari blog ini

STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR SOP Pengukuran Tanda Vital ( Pernafasan, Nadi, Tekanan Darah Dan Suhu )

STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR SOP Pengukuran Tanda Vital ( Pernafasan, Nadi, Tekanan Darah Dan Suhu ) Pengertian : 1.Pernafasan menghitung jumlah pernafasan ( inspirasi yang diikuti ekspresi selaman 1 menit. 2.Nadi menghitung frekuensi denyut nadi ( loncatan aliran darah yang dapt teraba yang terdapat di berbagai titik anggota tubuh melalui perabaan pada nadi, yang lazim diperiksa atau diraba pada radialis. 3.Tekanan darah melakukan pengukuran tekanan darah ( hasil dari curah jantung dan tekanan darah perifer )mdengan menggunakan spygnomanometer dan sttoskop. 4.Suhu mengukur suhu tubuh dengan mengguanakan termometer yang di pasangkan di mulut, aksila dan rektal. Tujuan : 1.Pernafasan a)Mengetahui kesdaan umum pasien b)Mengetahui jumlah dan sifat pernafasan dalam rentan 1 menit c)Mengikuti perkembangan penyakit d)Membantu menegakkan diagnosis
2.Nadi a)Mengetahui denyut nadi selama rentan waktu 1 menit b)Mengetahui keadaan umum pasien c)Mengetahui intgritassistem kardiovaskulr<