Langsung ke konten utama

SUSU KEDELAI ALTERNATIF MINUMAN SEHAT


SUSU KEDELAI
ALTERNATIF MINUMAN SEHAT
Susu kedelai merupakan salah satu jenis susu yang sangat populer dikalangan kita. Susu kedelai biasanya dijadikan salah satu jenis susu alternatif selai susu sapi. Hal ini dikarenakan beberapa jenis kandungan kolestrol yang terdapat pada susu sapi tidak begitu di perlukan bagi orag dewasa. Sehingga ketika protein masih sangat diperlukan sedangkan kandungan kolestrol perlu dihindari, maka susu kedelai merupakan suatu solusi yang tepat.



Protein merupakan komponen utama dalam kedelai kering. Kedelai utuh mengandung 35-40% protein, paling tinggi dari segala kacang-kacangan. Ditinjau dari segi mutu protein kedelai merupakan yang paling baik mutu proteinya dan serat dari protein daging. Protein dari kacang kedelai merupakan satu-satunya jenis kacang yang mempunyai susunan asam amino esensial yang paling lengkap.
Susu kedelai merupakan hasil ekstraksi protein biji kedelai dengan menggunakan air panas. Susu kedelai berwarna putih seperti halnya susu biasa dan bergizi tinggi mengandung protein, lemak, karbohidrat, mineral dan vitamin.
Kedudukan susu kedelai akan semakin penting. Hal ini dikarenakan beberapa kelebihan yang dimiliki oleh susu kedelai, diantaranya adalah tidak mengandung laktosa, proteinya tidak menimbulkan alergi, rendah lemak, bebas kolestrol, bergizi tinggi, teknik pembuatanya rekatif mudah, biaya produksi juga relatif murah, serta dapat diolah lebih lanjut menjadi es krim, soyghurt, mayonaisse, dan lain-lain.
 Kelebihan susu kedelai dibandingkan susu hewan
Beberapa orang sering mengalami diare setelah mengkonsumsi susu hewan, hal ini dikarenakan adanya lactoseintolerance yaitu gejala berkurangnya aktivitas enzim laktase didalam tubuh sehingga seseorang tidak bisa mencerna makanan lactosa (gula susu) untuk kemudian diuraikan menjadi glukosa dan galaktosa. Berbeda dengan susu kedelai yang sudah mengandung gula sederhana glukosa dan galaktosa yang sangat mudah diserap oleh usus dan dimanfaatkan untuk proses metabolisme tubuh.
Disamping kelebihanya tersebeut, kedelai sangat cocok untuk menjaga kesehatan tubuh terutama bagi anda yang saat ini menderita osteoporosis. Osteoporosis terjadi dikarenakan menurunya produksi hormon esterogen sebagai akibat menopouse yang paling banyak menyerang kaum wanita. Biasanya sering dilakukan terapi hormon untuk mengatasi masalah tersebut. Akan tetapi, menggunakan terapi tersebut sangatlah berdampak yang kurang menguntungkan karena adanya efek samping yang ditimbulkan, contohnya adalah sakit kepala, deperesi, perasaan ingin muntah dan lebih parahnya lagi menyebabkan seseorang menjadi potensial mengidap kanker payudara maupun kanker rahim.
Solusi yang lebih tepat adalah mengunakan cara yang lebih alami dan aman yaitu dengan banyak mengkonsumsi kedelai karena kedelai ini mempunyai senyawa alami yang mirip esterogen yang disebut sebagai fitoestrogen dan terbukti mampu menghambat lajunya osteoporosis. Senyawa ini yang menyebabkan kenapa wanita jepang sangat suka mengkonsumsi produk olahan dari kedelai seperti tahu, natto, susu kedelai sehingga fase menopouse datangnya menjadi lebih lambat dan jarang mengalami keluhan paskamenopouse.
Mutu protein dalam susu kedelai hampir sama dengan mutu protein susu sapi. Mengacu pada protein Efisiensi Ratio (PER), susu kedelai adalah 2,3 sedangkan PER pada susu sapi adalah sebesar 2,5. PER 2,3 artinya adalah setiap gram protein yang dimakan akan menghasilkan pertambahan berat badab pada hewan percobaan (tikus putih) sebanyak 2,3 gr pada kondisi percobaan baku.
Susu kedelai tidak mengandung vitamin B12 dan kandungan mineralnya terutama kalsium lebih sedikit ketimbang susu sapi. Karena itu dianjurkan penambahan atau fortifikasi mineral dan vitamin pada susu kedelai. Sedangkan untuk komponen karbohidratnya terdiri atas golongan polisakarida dan oligosakarida. Dan secara umum susu kedelai mempunyai kandungan vitamin B2, B2 Niasin, Piridoksin Vitamin E, Vitamin K dan golongan Vitamin B. Dengan melihat banyaknya kegunaan yang dimilikinya, susu kedelai dapat dijadikan alternatif pelengkap makanan kita sehari-hari.
Tabel Perbandingan Kandungan Beberapa Jenis Susu per 100 gr
Kandungan
Jenis susu
Susu kedelai
Susu sapi
ASI
Kalori (%)
44
59
62
Air (%)
90,8
88,5
88,2
Protein (%)
3,6
2,9
1,4
Lemak (%)
2,0
3,3
3,1
Karbohidrat (%)
2,9
59
62
Kalsium (mg)
15
100
35
Fosfor (mg)
49
90
25
Natrium (mg)
2
16
15
Besi (mg)
1,2
0,1
0,2
Thiamine (B1)
0,03
0,04
0,02
Riboflavin (B2)
0,02
0,15
0,03
Niacin
0,5
0,2
0,2
Asam lemak jenuh (%)
40-48
60-70
55,3
Asam lemak tak jenuh (%)
52-60
30-40
44,7
Kolestrol (mg)
0
9,24-9,90
9,3-18,6
Sumber : Direktorat Gizi, DepKes RI (2000)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR PIJAT OKSITOSIN

STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR PIJAT OKSITOSIN Pengertian       : Menjaga kebersihan dan menjaga kelancaran aliran ASI Tujujuan           : 1.       Menjaga atau memperlancar ASI 2.       Mencegah terjadinya infeksi Indikasi           : Ibu yang mempunyai bayi dan memberikan ASI secara eksklusif Prosedur           : A.     Persiapan alat 1.       Alat-alat a.        Kursi b.       Meja c.        Minyak kelapa d.       BH kusus untuk menyusui e.        Handuk 2.       Persiapan perawat a.        Menyiapkan alat dan mendekatkanya ke pasien b.       Membaca status pasien c.        Mencuci tangan 3.       Persiapan lingkungan a.        Menutup ordien atau pintu b.       Pastikan prifaci pasien terjaga B.      Bantu ibu secara pesikologis 1.       Bangkitkan rasa percaya diri 2.       Cobalah membantu mengurangi rasa sakit dan rasa takut 3.       Bantu pasien agar mempunyai pikiran dan perasaan baik tentang bayinya C.      Pelaksanaan 1.       Perawat mencuci tangan 2.       Menstimuli

STANADAR OPRASIONAL PROSEDUR ( SOP ) Menyusui

STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) Menyusui A.    Pengertian Teknik Menyusui Yang Benar adalah cara memberikan ASI kepada bayi dengan perlekatan dan posisi ibu dan bayi dengan benar (Perinasia, 1994). B.    Tujuan C.    Persiapan ASI Persiapan memberikan ASI dilakukan bersamaan dengan kehamilan. Persiapan memperlancar pengeluaran ASI dilaksanakan dengan jalan : 1. Membersihkan puting susu dengan air atau minyak, sehingga epitel yang lepas tidak menumpuk. 2. Puting susu ditarik-tarik setiap mandi, sehingga menonjol untuk memudahkan isapan bayi. 3. Bila puting susu belum menonjol dapat memakai pompa susu atau dengan jalan operasi. D.    Prosedur Kerja 1.     Cuci tangan bersih dengan sabun. 2.     Atur posisi bayi. a.     Bayi diletakkan menghadap ke ibu dengan posisi sanggah seluruh tubuh bayi. b.     Lengan ibu pada belakang bahu bayi, tidak pada dasar kepala, leher tidak menengadah. c.     Hadapkan bayi ke dada ibu, sehingga hidung bayi berhadapan dengan puting susu, sedangkan

STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR ( SOP ) Teknik Mengatasi Nyeri Atau Relaksasi Nafas Dalam

STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR ( SOP ) T eknik Mengatasi Nyeri Atau Relaksasi Nafas Dalam Pengertian : Merupakan metode efektif untuk mengurangi rasa nyeri pada pasien yang mengalami nyeri kronis. Rileks sempurna yang dapat mengurangi ketegangan otot, rasa jenuh, kecemasan sehingga mencegah menghebatnya stimulasi nyeri Ada tiga hal yang utama dalam teknik relaksasi : 1.     Posisikan pasien dengan tepat 2.     Pikiran beristirahat 3.     Lingkungan yang tenang Tujuan   : Untuk menggurangi atau menghilangkan rasa nyeri Indikasi : Dilakukan untuk pasien yang mengalami nyeri kronis Prosedur pelaksanaan : A.    Tahap prainteraksi 1.     Menbaca status pasien 2.     Mencuci tangan 3.     Meyiapkan alat B.    Tahap orientasi 1.     Memberikan salam teraupetik 2.     Validasi kondisi pasien 3.     Menjaga perivacy pasien 4.     Menjelaskan tujuan dan prosedur yang akan dilakukan kepada pasien dan keluarga C.    Tahap kerja 1.     Berikan kesempatan kepada pasien untuk bertanya jika ada ynag